portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Ulama Memberikan Penjelasan tentang Heboh Perdebatan Kata Amin dan Tahiyat

Ulama Memberikan Penjelasan tentang Heboh Perdebatan Kata Amin dan Tahiyat

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Heboh terkait kelakar Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengenai ibadah salat para pendukung Prabowo-Gibran, beberapa ulama bersuara.

Seperti Pimpinan Tajdidul Iman Makassar, KH. Sudirman, dia mengatakan, salat merupakan ibadah yang telah diatur teknisnya, jumlah rakaatnya, hingga bacaan-bacaannya.

“Salat itu adalah ibadah, dia masuk pada ibadah mahdah. Ibadah yang sudah diatur sedemikian rupa secara teknis waktu, jumlah rakaat, gerakan, dan bacaan-bacaan,” ujar KH Sudirman kepada fajar.co.id, Rabu (20/12/2023) malam.

Karena telah diatur sedemikian rupa dalam tuntutan Islam, kata KH Sudirman, maka manusia tidak boleh melakukan improvisasi terlebih masuk pada perkara lelucon.

“Maka tidak wilayah manusia untuk melakukan ijtihad di dalamnya apalagi melakukan pandangan-pandangan, apalagi itu masuk dalam perkara lelucon,” lanjutnya.

Apalagi, dikatakan KH Sudirman, jika telah masuk pada perkara main-mainan, hal tersebut sangat tidak pantas dan tidak bagus di dalam agama.

“Apalagi sebagai sosok tokoh, yang menjadi publik figur. Kurang etis lah melakukan itu,” KH Sudirman menuturkan.

Dijelaskan KH Sudirman, salat dalam gerakannya, mulai dari tata cara berdiri, takbir, duduk, i’tidal, duduk di antara dua sujud, sampai tasyahud, dan salam telah diatur sedemikian rupa.

“Oleh karena itu, tidak boleh ada hal-hal yang masuk pada pandangan manusia apalagi itu bermaksud mengubah demi sebuah kepentingan perasaan, politik,” tandasnya.

Exit mobile version