portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Jenderal TNI Maruli Simanjuntak Meningkatkan Upaya Perang Melawan Sampah, Ribuan Prajurit Siap Memerangi Gunung Lawu

Jenderal TNI Maruli Simanjuntak Meningkatkan Upaya Perang Melawan Sampah, Ribuan Prajurit Siap Memerangi Gunung Lawu

TNI AD Terus Melawan Sampah di Gunung Lawu

FAJAR.CO.ID, MAGETAN – Perang melawan sampah terus didengungkan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak lewat berbagai kegiatan rehabilitasi dan pelestarian alam.

Salah satunya dengan mengerahkan 2.010 prajurit TNI AD ke kawasan Gunung Lawu, pada Rabu (20/12/2023), untuk membersihkan sampah dan melakukan penghijauan kembali pasca terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) beberapa waktu lalu di lokasi tersebut.

Kasad berharap gerakan pembersihan dan penghijauan semacam ini dapat berjalan secara kontinyu, dan didukung oleh regulasi dari pemerintah daerah setempat.

Kasad juga menegaskan bahwa tugas menjaga lingkungan alam, sejatinya merupakan tanggung jawab bersama, sebab gerakan ini sangat penting guna mengantisipasi potensi bencana yang bisa berdampak pada semua lapisan masyarakat.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi budaya bersama. Karena ini bukan hanya tanggung jawab TNI, tapi juga seluruh lapisan masyarakat dan instansi di negeri ini. Luar biasa apa yang telah dilakukan rekan-rekan kita ini. Saya berterima kasih kepada seluruh personel yang terlibat dalam kegiatan pembersihan (sampah) dan penanaman (pohon) ini. Mudah-mudahan terus berjalan demi menjaga alam, dan ke depan kita bisa terus meningkatkan kinerja kita demi lestarinya alam,“ tutur Jenderal TNI Maruli.

Kegiatan di Gunung Lawu tersebut sekaligus menunjukkan komitmen dan kepedulian TNI AD dalam menjaga kelestarian alam di Indonesia.

Dimana sebelumnya tak kurang dari 2.000 hektare lahan di kawasan Gunung Lawu terbakar dan menjadi lahan gundul.

Exit mobile version