portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Kader Golkar Melaporkan Penyebar Foto Bahlil Beralkohol, Ahli Telematika Konfirmasi Keasliannya

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sekaligus Ketua Umum Partai Golkar, Bahlil Lahadalia, menjadi sorotan karena foto bersama sebotol Whisky merek Hibiki 21 Year Old.

Terkait hal itu, kader Muda Partai Golkar melaporkan ke Bareskrim Polri untuk menyelidiki pihak yang menyebarkan foto Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia bersama sebotol whisky.

Polisi diminta untuk menyelidiki asal usul foto tersebut dan mengidentifikasi orang yang menyebarkannya.

“Kami meminta Bareskrim Polri untuk mendalami siapa yang menyebarkan foto tersebut dan dari mana foto tersebut berasal,” kata Koordinator Kader Muda Partai Golkar Lisman Hasibuan di Bareskrim Polri, Jakarta, Senin (26/8/2024).

Lisman Hasibuan mengatakan bahwa belum tentu Bahlil ikut minum whisky tersebut. Menurutnya, pelaku yang menyebarkan foto sengaja meletakkan botol whisky sejajar dengan Bahlil untuk menimbulkan kesan bahwa Menteri ESDM itu sedang minum-minum.

“Belum tentu juga Pak Bahlil yang minum. Bisa saja itu milik orang lain. Mungkin beliau sedang menerima telepon, dan akhirnya difoto atau dijebak dalam momen itu,” kata Lisman seperti yang dikutip dari Antara.

Sebelumnya, pakar telematika Roy Suryo menjelaskan bahwa foto tersebut adalah hasil tangkapan asli, tanpa rekayasa digital. Roy menjelaskan bahwa terdapat beberapa detail dalam foto yang mendukung keaslian gambar tersebut.

Paling tidak, ada empat alasan yang menunjukkan keaslian foto tersebut.

Pergelangan lengan kaos yang dikenakan seseorang terlihat jelas pada pantulan botol minuman. Pantulan ini menunjukkan bahwa foto tersebut tidak mengalami penyuntingan atau manipulasi.

Exit mobile version