portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Taruna Ikrar Dilantik sebagai Kepala BPOM Menggantikan Lucia Rizka Andalusia

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik Taruna Ikrar sebagai Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dalam acara pelantikan menteri dan kepala lembaga yang diselenggarakan di Istana Negara, Jakarta, Senin, (19/08/2024).

Taruna Ikrar menggantikan Lucia Rizka Andalusia yang sebelumnya menjabat sebagai Plt. Kepala BPOM, serta menggantikan pejabat definitif sebelumnya, Penny K. Lukito.

Pelantikan ini dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 115/PPA Tahun 2024 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Utama di lingkungan BPOM.

Selain Taruna Ikrar, sejumlah kepala lembaga lainnya juga dilantik pada hari yang sama, antara lain Dadan Hindayana sebagai Kepala Badan Gizi Nasional dan Hasan Nasbi sebagai Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan.

Presiden Jokowi juga melantik sejumlah menteri dan wakil menteri, di antaranya Supratman Andi Agtas sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Rosan Roeslani sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM, serta Angga Raka Prabowo sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo).

Taruna Ikrar dikenal sebagai dokter dan ilmuwan di bidang farmasi, jantung, dan syaraf. Sebelumnya, ia bekerja sebagai spesialis laboratorium di departemen anatomi dan neurobiologi di Universitas California di Irvine. Taruna Ikrar juga memiliki paten metode pemetaan otak manusia sejak tahun 2009.

Ikrar pernah menjabat sebagai Wakil Ketua PB Ikatan Dokter Indonesia pada periode 2000-2003. (*)

Exit mobile version