portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

BMKG Meramal Beberapa Kota Besar Akan Diliputi Awan Dengan Hujan Ringan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Cuaca berawan dan hujan diperkirakan akan terjadi di beberapa kota besar di Indonesia hari ini, menurut prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Dalam siaran prakiraan cuaca BMKG yang dapat diakses secara online di Jakarta, Jumat, Prakirawan BMKG Syndhy Indah mengatakan bahwa hujan ringan kemungkinan akan turun di daerah Banda Aceh dan Pekanbaru, sementara hujan petir diperkirakan terjadi di wilayah Medan, Padang, dan Tanjung Pinang.

Hujan ringan juga dapat terjadi di daerah Jambi dan Palembang, sedangkan kondisi berawan tebal diprediksi terjadi di Bengkulu dan Bandar Lampung. Di sisi lain, BMKG memperkirakan potensi petir di Pangkalpinang.

Untuk wilayah Pulau Jawa, Syndhy mengatakan bahwa kondisi berawan tebal diperkirakan terjadi di Serang, Jakarta, dan Bandung hari ini. Cuaca berawan juga kemungkinan akan dirasakan di kota Yogyakarta, sedangkan udara kabur diperkirakan di Semarang dan Surabaya.

Kondisi cerah berawan diharapkan akan meliputi kota Mataram dan Kupang hari ini, sementara Denpasar diprediksi akan mengalami kondisi berawan.

Di Pulau Kalimantan, BMKG memperkirakan hujan petir di Pontianak, disertai hujan ringan di Palangkaraya dan Tanjung Selor. Kondisi berawan kemungkinan akan terjadi di Banjarmasin, sementara udara kabur diperkirakan di Samarinda.

Menurut BMKG, cuaca berawan akan mendominasi wilayah Sulawesi, khususnya di Manado, Gorontalo, Kendari, dan Makassar. BMKG juga memperingatkan potensi hujan ringan di Mamuju dan kondisi asap/kabut di Palu.

Di timur Indonesia, hujan ringan kemungkinan akan turun di Ternate, Sorong, Nabire, Jayapura, Jayawijaya, dan Merauke. Sementara cuaca berawan diperkirakan akan dirasakan di Ambon dan Manokwari. (antara)

Exit mobile version