portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Rocky Gerung: Naturalisasi dalam Dunia Sepak Bola seperti Tindakan Curang

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Akademisi Rocky Gerung memberikan pandangannya tentang fenomena naturalisasi pemain untuk Timnas Indonesia.

Dikatakan Rocky, euforia di dunia sepak bola Indonesia saat ini bisa menutupi kenyataan bahwa para pemain di lapangan bukanlah hasil dari pengembangan bibit lokal, melainkan pemain naturalisasi.

“Euforia itu membatalkan atau membuat kita lupa bahwa yang bermain di lapangan itu sebetulnya adalah bukan grup yang kita idealkan sebetulnya,” ujar Rocky dikutip dari unggahan akun X @muannas_alaidid (16/9/2024).

Ia menyebut hal ini sebagai “penipuan terhadap sensasi”, di mana naturalisasi dilakukan sebagai solusi instan, tetapi mengabaikan upaya jangka panjang untuk membina talenta lokal.

“Karena apa yang sekarang disebut sebagai naturalisasi itu semacam penipuan terhadap sensasi,” ucapnya.

Rocky mengkritik pendekatan ini, menganggapnya tidak selaras dengan prinsip patriotisme.

“Misalnya ada naturalisasi, tentu ada sesuatu yang tidak fit and proper dengan prinsip-prinsip patriotisme,” cetusnya.

Meskipun sepak bola adalah olahraga global dan memberikan kegembiraan bagi banyak orang, ia berpendapat bahwa Timnas seharusnya dibangun dari talenta asli Indonesia.

“Tetapi kalau ada Timnas itu dan dianggap bahwa Timnas harusnya datang dari bibit-bibit kita,” sebutnya.

Ia juga menyoroti bahwa naturalisasi mungkin menghentikan proses pembibitan pemain muda yang sebenarnya penting untuk keberlanjutan prestasi.

Exit mobile version