portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Daftar Daerah yang Diprediksi akan Alami Hujan Lebat Besok Akibat Cuaca Ekstrem

BMKG Menduga Cuaca hingga Senin 9 September 2024 akan Berkabut

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis prediksi cuaca untuk seluruh wilayah di Indonesia pada hari Senin, 9 September 2024. Menurut BMKG, diprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas menengah hingga lebat di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Sumatra, Jawa, dan Kalimantan.

Beberapa daerah yang diprediksi akan mengalami hujan dengan intensitas menengah antara lain Aceh, Sumatera Barat, Jambi, Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung, sebagian wilayah Jawa dan Sulawesi. Sementara itu, beberapa daerah lain diprediksi akan dilanda hujan lebat. Ada sebanyak 11 daerah yang perlu mewaspadai curah hujan yang tinggi, seperti Sumatra Utara, Riau, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Utara.

Penduduk yang tinggal di Sumatera Utara, Riau, serta Kalimantan Tengah diharapkan lebih waspada karena hujan lebat dapat menyebabkan genangan air bahkan banjir. Selain itu, Papua Barat juga diprediksi akan hujan lebat, sedangkan Papua diprediksi akan diguyur hujan dengan intensitas sangat tinggi.

BMKG juga menyarankan agar penduduk di daerah terdampak selalu memantau perkembangan cuaca dan siap mengantisipasi potensi cuaca ekstrem. Info cuaca dapat diakses melalui aplikasi Info BMKG atau situs resmi BMKG di www.bmkg.go.id.

Prakiraan Cuaca Berdasarkan Intensitas:

– Hujan Ringan: Nusa Tenggara Timur
– Hujan Sedang: Aceh, Jambi, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Bali, dan daerah lainnya
– Hujan Lebat: Sumatera Utara, Riau, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur
– Hujan Sangat Lebat: Papua

Masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap potensi banjir, angin kencang, dan petir yang mungkin terjadi akibat hujan lebat di beberapa daerah.

Exit mobile version