portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Ekonom Faisal Basri Meninggal Dunia, Jusuf Kalla: Indonesia Merugi dengan Kehilangan Sosok Berani dan Pintar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla (JK), mengungkapkan perasaan kehilangan yang mendalam atas meninggalnya ekonom Faisal Basri. Menurut JK, Faisal Basri adalah sosok ekonom yang cerdas, berani, dan konsisten.

“Faisal Basri adalah orang yang cerdas, seorang intelektual ekonomi yang berani, konsisten, dan juga berani menghadapi siapa pun,” kata JK kepada wartawan setelah memberikan penghormatan di rumah duka di Jalan Gudang Peluru, Jakarta Selatan, Kamis, 5 September 2024.

JK menambahkan, sangat sedikit tokoh seperti Faisal Basri di Indonesia. Menurutnya, banyak ekonom yang cerdas namun tidak memiliki keberanian, atau sebaliknya, banyak yang berani tetapi kurang dalam kecerdasan.

“Faisal memiliki dua kualitas yang jarang ditemukan bersama: kecerdasan dan keberanian. Ini adalah kombinasi yang sangat penting dalam pemerintahan di mana pun,” kata JK.

Dia menilai bahwa sosok seperti almarhum Faisal Basri sangat penting dalam pemerintahan. “Di manapun dalam pemerintahan, negara manapun, dibutuhkan sosok seperti Faisal Basri, yang berani mengingatkan dengan tegas, namun harus didasari dengan ilmiah dan konsisten dengan data,” tambah JK.

“Demikianlah Faisal Basri. Tidak banyak sosok seperti itu, dan kita kehilangan hari ini,” lanjut JK dengan penuh kesedihan.

Diketahui, Faisal Basri meninggal dunia di RS Mayapada, Kuningan, sekitar pukul 03:50 WIB. Jenazah almarhum saat ini disemayamkan di rumah duka di Komplek Gudang Peluru, Jakarta Selatan. Rencananya, Faisal Basri akan dimakamkan di daerah Tebet setelah shalat Ashar. (*)

Exit mobile version