portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Warganet Singgung Bekantan daripada Memanfaatkan Ornamen Besi Raksasa Berbentuk Garuda di IKN

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Belakangan ini, Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara menjadi perbincangan hangat di kalangan publik.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah tentang ornamen besi raksasa yang dibuat menyerupai burung garuda.

Pegiat media sosial Aun Rahman melalui akun @aunrrahman di X, juga mengajukan pertanyaan tentang manfaat ornamen besi raksasa tersebut.

“Izin bertanya 🙏. Jadi, Garuda yang besar itu hanya ornamen besi raksasa saja, ya? Bukan tempat yang bisa digunakan untuk aktivitas?” tanya Aun Rahman, dikutip Selasa (6/8/2024).

Warganet ramai merespons cuitan tersebut. Lebih dari 393 ribu pengguna X telah melihat cuitan tersebut. Beberapa dari mereka pun memberikan jawaban di kolom komentar.

“Yah gimana, bukan arsitek yang merancang tapi malah pematung. Jadi bangunannya banyak yang hanya sekadar hiasan tanpa ada fungsinya. Tapi siapa tahu, mungkin ada ruang rahasianya, namanya juga istana 🙃,” tulis seorang warganet.

“Seharusnya bangunan bukanlah ornamen tapi dengan budget yang pas sehingga berbeda 😂,” tambah yang lainnya.

“Lah itu memang dibuat untuk dinaiki oleh monyet beruk dan bekantan, jangan hanya berpikir tentang aktivitas manusia saja,” kelakar yang lainnya.

“Ada. Di tengahnya ada bangunan Kantor Presiden – yang bernama Istana Garuda saat ini. Bagian kiri kanan sayap itu nantinya akan menjadi atrium taman istana 🙂. Foto kantor presiden yang beredar kemarin, itu di dalam garuda ini. Sedangkan bangunan yang depan, dengan banyak pilar, itu adalah Istana Negara,” jelas seorang netizen yang tampak lebih memahami.

Diketahui, sejumlah aktivis lingkungan khawatir akan dampak negatif kehadiran IKN terhadap populasi bekantan (monyet berhidung panjang).

Exit mobile version