portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Cara Mudah Cek Formasi CPNS Tahun 2024 Melalui Situs BKN

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan segera dibuka. Ada jutaan orang yang akan diterima.

Mereka yang lulus akan ditempatkan di berbagai instansi atau lembaga.

Meskipun terjadi penundaan berkali-kali, belakangan ini progresnya menunjukkan bahwa pendaftaran CPNS akan segera dibuka. Hal ini terlihat dari keluarnya beberapa regulasi terkait.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Aswar Anas, sebelumnya menyatakan kemungkinan pendaftaran akan dibuka pada bulan Agustus mendatang.

“Verifikasi PNS telah selesai 97 persen, sehingga dalam waktu dekat akan diumumkan sekitar bulan Agustus untuk rekrutmen CPNS,” kata Azwar Anas, di Kantor Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Jakarta, Senin (29/7/2024).

Mundurnya jadwal tersebut, menurutnya, bukan tanpa alasan. Alasannya sama dengan sebelumnya, yaitu karena sejumlah instansi belum mengusulkan formasi.

“Mengapa jadwalnya mundur? Kami masih menunggu K/L dan pemerintah daerah yang belum mengusulkan, jadi kita tunggu mereka,” katanya.

Lalu bagaimana cara mengecek formasi CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPK)? Berikut ini caranya melalui website Badan Kepegawaian Negara (BKN):

1. Buka situs SSCASN https://sscasn.bkn.go.id/

2. Pilih kategori pencarian. Terdapat empat kategori, antara lain tingkat pendidikan, jurusan/program studi, instansi (opsional), dan jenis pengadaan CPNS/PPPK (opsional).

3. Klik tombol “cari”.

4. Akan muncul daftar informasi formasi CPNS 2024 yang tersedia, meliputi jabatan, instansi, unit kerja, jenis pengadaan, dapat dilamar disabilitas, penghasilan, dan jumlah kebutuhan.

Exit mobile version