portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Akses Tamu Undangan ini Mendatangkan Kendala karena Bandara Belum Siap untuk Perayaan HUT ke-79 RI di IKN

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Perayaan HUT ke-79 RI pada 17 Agustus mendatang akan diselenggarakan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Saat ini, fasilitas pendukung untuk acara HUT tersebut sudah siap.

Salah satu hal yang masih belum siap untuk perayaan HUT RI di IKN adalah sarana transportasi udara. Pembangunan bandara di IKN belum sepenuhnya selesai dan belum siap untuk pendaratan pesawat. Bandara tersebut baru bisa digunakan untuk mendarat helikopter.

Bandara IKN dengan landasan pacu sepanjang 2.200 meter seharusnya selesai sebelum 17 Agustus agar bisa digunakan untuk mobilitas tamu undangan saat perayaan HUT ke-79 RI. Namun, proyek pembangunan memakan waktu lebih lama sehingga pesawat tidak dapat mendarat dan hanya helikopter yang bisa digunakan.

Menteri PUPR sekaligus Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa sebagai alternatif, pemerintah telah menyiapkan dua opsi bagi tamu undangan Upacara 17 Agustus di IKN melalui jalan tol. Basuki mengatakan bahwa opsi pertama adalah melalui Jalan Tol Balikpapan – Samarinda dengan jarak 88 km atau sekitar 90 menit perjalanan.

“Akses ke IKN dapat dilalui melalui 2 jalan dari Balikpapan. Pertama, melalui jalan tol yang sudah siap dan telah diperiksa oleh Presiden,” kata Basuki dalam konferensi pers beberapa waktu yang lalu.

Dengan menggunakan jalan tol alternatif pertama, tamu undangan upacara 17 Agustus bisa melalui exit Jalan Tol Balikpapan-Samarinda di Kilometer 11 yang akan melintasi Jembatan Pulau Balang – Simpangriko menuju ke IKN.

Exit mobile version