portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Inilah Insentif yang Akan Diterima ASN yang Pindah ke IKN Nusantara Gelombang Pertama

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ingin dipindahtugaskan dari DKI Jakarta ke IKN Nusantara saat gelombang pertama akan mendapat perhatian tinggi dari pemerintah.

Janji ini disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas. Dia mengatakan bahwa pemerintah telah menyiapkan insentif bagi ASN yang dipindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada gelombang pertama.

“Jadi, kami (Pemerintah) menyiapkan tunjangan pindah, tunjangan kemahalan, kepangkatan, dan sebagainya,” kata Anas seperti dilansir dari Antara, Selasa (31/10).

Anas menambahkan bahwa belum ditetapkan secara pasti berapa nilai insentif yang akan diberikan. Namun, besaran insentif itu terdiri dari harga kemahalan, risiko, dan biaya kepindahan.

Terkait jumlah ASN yang akan dipindahtugaskan ke IKN pada gelombang pertama, Anas menyebut bahwa jumlah tersebut sesuai dengan gedung yang telah siap dipakai mulai Juli 2024.

“Kemarin simulasinya total 6.000 ASN sampai Juli, separuh kurang lebih 1.500-an untuk ASN dan separuh untuk Polri,” jelas Anas.

Saat ini, Kemenpan RB dan Kementerian Keuangan sedang merumuskan besaran biaya insentif untuk para ASN. “Setelah ASN pindah, semua insentif sudah bisa dijalankan,” terang Anas.

Anas menegaskan bahwa insentif yang diberikan akan dihitung per orang dengan mempertimbangkan status keluarga. ASN yang sudah berkeluarga dan yang belum berkeluarga akan diberikan fasilitas yang berbeda.

Exit mobile version