portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

60 Kasus Covid-19 Teridentifikasi di Bali Selama Bulan Desember 2023 Menurut Data Dinkes Bali

60 Kasus Covid-19 Teridentifikasi di Bali Selama Bulan Desember 2023 Menurut Data Dinkes Bali

Kasus covid-19 sepertinya kembali membuat masyarakat Indonesia waspada. Ini terjadi setelah penyebaran virus ini kembali ditemukan dan cukup banyak.

Selain di ibu kota DKI Jakarta, penyebaran kasus covid-19 juga ditemukan di Provinsi Bali.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Bali mencatat temuan baru kasus positif Covid-19 di Pulau Dewata. Terhitung sejak periode 1-12 Desember 2023, muncul 60 orang positif Covid-19 di Bali.

Mereka ditemukan terpapar setelah dilakukan tes PCR di rumah sakit. Temuan Dinkes Bali, 60 pasien positif yang terdeteksi bukan datang ke rumah sakit karena Covid-19, tetapi berobat karena penyakit lain.

Mereka yang positif hanya bergejala ringan karena imunitas masyarakat Bali terbilang bagus setelah mendapat suntikan vaksin lengkap.

“Pencatatan ini sebagai bentuk antisipasi setelah ditemukan kenaikan angka Covid-19 di negara-negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Kasus tersebut didominasi subvarian EG.5 turunan dari varian omicron dan masuk dalam kategori variant of interest (VOI),” kata Kepala Dinkes Bali, I Nyoman Gede Anom di Denpasar, dilansir dari jpnn, Kamis.

Menurut Kadinkes Bali, pihaknya mulai meningkatkan kewaspadaan setelah menerima surat edaran dari Kementerian Kesehatan terkait peningkatan kasus di luar negeri dan di Indonesia, terutama Jawa dan Bali.

Pihaknya juga membuat surat edaran ke semua kabupaten/kota sebagai panduan. “Jadi, semua pasien di fasilitas kesehatan kalau ada yang operasi atau berobat saat ditemukan batuk pilek dilakukan PCR,” ujarnya.