portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Profil Ahmad Muzani, Ketua MPR RI untuk Masa Jabatan 2024-2029

Profil Ahmad Muzani, Ketua MPR RI untuk Masa Jabatan 2024-2029

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ahmad Muzani, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, akan resmi menjadi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2024-2029 pada Kamis (3/10/2024). Pengesahan ini akan dilakukan dalam rapat paripurna MPR yang akan menetapkan susunan pimpinan MPR yang baru.

Muzani akan memimpin MPR bersama delapan wakil ketua, yang terdiri dari tujuh perwakilan fraksi di DPR dan satu perwakilan dari DPD. Ketua Fraksi PDI-P DPR, Ahmad Basarah, mengatakan, “Rapat paripurna MPR tanggal 3 Oktober 2024 besok hanya akan mengesahkan susunan pimpinan baru, di mana Ahmad Muzani menjadi ketua.”

Pengesahan Ahmad Muzani ini terjadi ketika Prabowo Subianto menjabat sebagai Presiden terpilih. Muzani, yang merupakan loyalis Prabowo, telah lama berkiprah di Partai Gerindra dan sekarang dipercaya untuk memimpin MPR saat Prabowo menjabat sebagai Presiden.

Ahmad Muzani lahir di Tegal pada 15 Juli 1968 dan memiliki latar belakang sebagai pengusaha, politikus, dan anggota DPR. Sejak remaja, ia telah aktif di berbagai organisasi di Tegal, termasuk memimpin Pelajar Islam Indonesia (PII). Muzani melanjutkan pendidikannya di jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Ibnu Chaldun, Jakarta.

Setelah menyelesaikan pendidikan, Muzani bekerja sebagai wartawan majalah Amanah dan penyiar radio Ramako. Kedekatannya dengan berbagai kalangan membuatnya memiliki jaringan yang luas, yang membantunya meraih posisi penting di bidang politik.