portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Rekrutmen CPNS 2024, Peluang PPPK Ikut Seleksi Terbuka Luas

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dapat berbahagia karena diberi kesempatan untuk meningkatkan status menjadi Aparat Sipil Negara (ASN) dengan mengikuti seleksi CPNS 2024.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyampaikan kabar tersebut. Proses pendaftaran seleksi CPNS 2024 kemungkinan akan dimulai pada bulan Agustus, meskipun jadwal pastinya belum diumumkan oleh pemerintah.

Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB, Aba Subagja menjelaskan bahwa PPPK yang telah mengabdi minimal 1 tahun dapat mendaftar seleksi CPNS 2024 tanpa harus mengundurkan diri. Hal ini berdasarkan Keputusan Menteri PANRB No. 320/2024 tentang Mekanisme Seleksi Pengadaan PNS T.A 2024 dan KepmenPANRB No. 321/2024 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan PNS T.A 2024.

“Aba mengatakan, “Bagi PPPK yang sudah 1 tahun, jika ingin melamar CPNS tidak harus berhenti dari PPPK. Jadi kalau tidak diterima dia bisa kembali ke PPPK.”” Pemerintah fokus pada pelayanan dasar dan penyelesaian tenaga non-ASN dalam kebijakan Pengadaan ASN. Rekrutmen jabatan yang terdampak transformasi digital diupayakan sedapat mungkin dikurangi.

Pemerintah juga memprioritaskan jenis kebutuhan dalam seleksi CPNS 2024, yaitu kebutuhan umum dan kebutuhan khusus. Kebutuhan khusus diperuntukkan bagi penyandang disabilitas dan putra-putri daerah 3T.

Exit mobile version