portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Prabowo Menyatakan Hanya Sedikit Rakyat yang Menikmati Kekayaan Indonesia, Dandhy Laksono Menyoroti HGU di Kaltim dan Aceh

Prabowo Menyatakan Hanya Sedikit Rakyat yang Menikmati Kekayaan Indonesia, Dandhy Laksono Menyoroti HGU di Kaltim dan Aceh

Calon Presiden (Capres) nomor urut dua, Prabowo Subianto mengatakan bahwa sedikit rakyat Indonesia yang menikmati kekayaan bangsa ini. Pernyataan tersebut direspons oleh Jurnalis Investigasi Dandhy Laksono.

Sutradara Film Sexy Killers itu menyebutkan data mengenai ketimpangan pemilikan Hak Guna Usaha (HGU) di Indonesia. Dandhy mengungkapkan bahwa petani di Indonesia rata-rata hanya menguasai sedikit lahan, yaitu kurang dari 1 hektare.

Menurut Dandhy, hal tersebut disebabkan oleh sulitnya perizinan dalam urusan pertanian, terutama izin untuk Perhutanan Sosial atau Hutan Adat. Sementara itu, para pejabat tidak merasakan kesulitan dalam perizinan tersebut. Prabowo sendiri memiliki HGU yang cukup besar, yaitu 220.000 Ha di Kaltim dan 120.000 Ha di Aceh Tengah.

Pernyataan Prabowo tersebut disampaikan saat kunjungannya ke Blitar, Jawa Timur pada Minggu 17 Desember 2023.

“Pertumbuhan kita baik, tapi sekarang masih dinikmati oleh terlalu sedikit bangsa Indonesia. Terlalu sedikit bangsa Indonesia yang menikmati kekayaan Indonesia,” ujar Prabowo. (Arya/Fajar)

Exit mobile version