portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Posko Nataru Diresmikan Oleh Kemenhub, Dikutip Sejumlah Pihak Dalam Acara Resmi

Posko Nataru Diresmikan Oleh Kemenhub, Dikutip Sejumlah Pihak Dalam Acara Resmi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Momen liburan untuk merayakan Natal dan Tahun Baru 2024 sudah semakin dekat. Pemerintah bahkan telah membentuk Posko Nataru untuk memastikan pelayanan kepada masyarakat berjalan lancar.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi secara resmi membuka Posko Nataru pada Selasa (19/12). Posko ini bertujuan untuk memantau dan memperkuat koordinasi antar pihak terkait, sehingga upaya untuk menciptakan kondisi yang aman, nyaman, tertib, dan lancar dapat terwujud.

“Hari ini adalah pembukaan Posko Pusat Angkutan Natal 2023 dan tahun baru 2024, untuk menyatukan dan berkolaborasi dengan pihak terkait, Kementerian Perhubungan, TNI, dan Polri, agar kita dapat melaksanakan arahan dari Bapak Presiden untuk menjaga keamanan dan melayani masyarakat dalam melakukan mudik,” kata Menhub Budi dalam acara Pembukaan Posko Angkutan Nataru di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, seperti dilansir dari jawapos.

Menurut Menhub, Posko Nataru akan beroperasi mulai hari ini hingga Rabu, 3 Januari 2024. Posko ini kemudian akan ditutup pada Kamis, 4 Januari 2024.

Selama beroperasi, Posko Nataru akan terbagi dalam dua shift, yaitu pada pukul 08.00-20.00 WIB dan pukul 20.00-08.00 WIB.

“Posko ini terdiri dari, Korlantas Polri, Basarnas, BMKG, KNIT, BKIP, Ditjen Laut, Udara, Darat, Perkeretaapian, BPTJ, Jasa Marga, Astra Infra Tol, Jasa Raharja, ASDP, AKAI, Pelni, AP 1, AP 2, hingga Airnav,” jelasnya.

Lebih lanjut, Menhub menyatakan bahwa pergerakan Natal dan Tahun Baru adalah fenomena sosial, budaya, dan keagamaan. “Ini merupakan ujian semester kedua. Ujian pertama adalah Lebaran. Biasanya lebih ramai, meskipun tidak se-ramain Lebaran, kita tetap harus selalu siap seperti saat Lebaran,” tambahnya.