portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Ma’ruf Amin Menegaskan Bahwa Kebocoran Data di Badan Publik Harus Menjadi Perhatian Bersama

Ma’ruf Amin Menegaskan Bahwa Kebocoran Data di Badan Publik Harus Menjadi Perhatian Bersama

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menegaskan pentingnya perhatian bersama terhadap masalah kebocoran data yang baru-baru ini terjadi di beberapa lembaga publik.

“Akhir-akhir ini muncul persoalan terkait kebocoran data di beberapa badan publik. Ini adalah isu serius yang harus menjadi perhatian kita bersama,” ujar Wapres Ma’ruf Amin saat menghadiri acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa, (19/12/2023).

Wakil Presiden menyoroti bahwa data pribadi memiliki risiko tinggi untuk disalahgunakan, oleh karena itu, keamanannya harus dijaga dengan sungguh-sungguh.

“Perlindungan data pribadi semakin mendesak, karena data pribadi rentan disalahgunakan untuk kepentingan yang tidak sah,” tegas Wapres.

Lebih lanjut, Wapres menyatakan bahwa pemerintah sedang berupaya keras untuk menyebarkan informasi publik melalui pengembangan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi di seluruh negeri, terutama di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar).

Menurut Wapres, keakuratan dan keandalan informasi publik saat ini sangat penting karena Indonesia sedang menghadapi proses pemilihan umum.

“Hal ini harus disadari dan dipenuhi oleh penyelenggara, partai politik, masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya,” tegasnya.

Wapres juga mengungkapkan bahwa keterbukaan informasi diyakini sebagai kunci untuk meningkatkan partisipasi pemilih serta melaksanakan pemilu dan pilkada yang adil dan jujur.

“Saya berharap Komisi Informasi Pusat dan Komisi Informasi Daerah dapat bekerja sama menjadi garda terdepan dalam memberikan edukasi dan informasi yang valid kepada masyarakat terkait pelaksanaan pemilu dan pilkada 2024. Mari kita ciptakan pemilu dan pilkada yang bebas dari hoaks,” harapnya.