portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Lonjakan Kasus Covid-19 Terjadi di DKI Jakarta, Namun Ngabila Salama Menegaskan Penanganan Masih Berjalan Terkendali

Lonjakan Kasus Covid-19 Terjadi di DKI Jakarta, Namun Ngabila Salama Menegaskan Penanganan Masih Berjalan Terkendali

Lonjakan kasus Covid-19 di DKI Jakarta beberapa hari terakhir terus meningkat. Dalam sehari, ratusan warga terdeteksi terpapar virus tersebut.

Adanya peningkatan kasus covid-19 di ibu kota itu diakui Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Instansi ini mencatat bahwa kasus Covid-19 harian di ibu kota sudah mencapai ratusan per hari dalam satu minggu ini.

“Kasus positif Covid-19 di DKI Jakarta minggu ini sekitar 200 per hari,” kata Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Ngabila Salama, kepada wartawan, dilansir dari Jawapos, Minggu (17/12).

Kendati sudah mencapai ratusan kasus dalam sehari, Ngabila mengaku jika kondisi itu masih cukup terkendali. Alasannya, penggunaan tempat tidur untuk pasien Covid-19 di rumah sakit masih hanya sekitar 5 persen.

“Dari total tempat tidur yang disediakan atau sekitar 50-60 pasien yang sedang di rawat inap di RS, 10 persen dari kasus aktif positif di Jakarta,” ungkapnya.

Selain itu, ia menerangkan bahwa 90 persen kasus positif Covid-19 di Jakarta adalah orang tanpa gejala dan bergejala ringan.

“Isolasi mandiri 3-5 hari di rumah akan sembuh,” imbuh Ngabila.

Ngabila mengimbau agar masyarakat, terutama kelompok rentan untuk melengkapi vaksinasi Covid-19 untuk menghindari penyebaran virus yang telah membuat dunia menjadi pandemi tersebut.

Adapun lokasi vaksinasi Covid-19 DKI Jakarta ada di Puskesmas Kecamatan DKI Jakarta di jam kerja. Lokasi lainnya adalah sebagai berikut:

1. RSUD Tarakan Jakarta Pusat, Senin-Sabtu jam 08.00-12.00
2. Klinik PPKP Kantor Balaikota DKI Jakarta, Senin-Jumat jam 13.00-16.00
3. Klinik Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjung Priok, Senin-Jumat jam 08.00-15.00

Untuk usia 18 tahun ke atas, dosis 1, 2, 3, 4 merek vaksin adalah INAVAC. Seluruh Faskes DKI Jakarta dapat melayani vaksinasi untuk KTP seluruh Indonesia. Namun, vaksin INAVAC belum bisa diberikan untuk ibu hamil dan ibu menyusui. (fajar)

Exit mobile version