portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Elektabilitas Prabowo-Gibran Tetap Kuat dan Stabil, Pengamat: Mungkin Dapat Menang dalam Satu Putaran

Elektabilitas Prabowo-Gibran Tetap Kuat dan Stabil, Pengamat: Mungkin Dapat Menang dalam Satu Putaran

AHMAD Khoirul Umam, seorang pengamat politik dari Universitas Paramadina, mengatakan bahwa terdapat beberapa alasan yang membuat pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, tetap mempertahankan tingkat elektabilitas yang tinggi meskipun jarang melakukan kampanye.

Umam mengatakan bahwa hal ini terutama dipengaruhi oleh keaktifan dan agresivitas gerakan pasangan ini. Prabowo-Gibran dinilai lebih masif bergerak dari sisi infrastruktur politik. “Secara postur kekuatan juga memang relatif lebih besar,” kata Umam saat dihubungi pada Jumat (15/12/2023).

Umam menjelaskan bahwa faktor ini tidak terlepas dari dukungan sembilan partai politik terhadap pasangan tersebut. Kesembilan partai tersebut meliputi Gerindra, Golkar, Partai Amanat Nasional, dan Partai Demokrat, serta Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelora, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Garuda, dan Partai Rakyat Adil Makmur (Prima).

Umam juga menjelaskan bahwa pasangan Prabowo-Gibran didukung oleh jaringan relawan, termasuk kelompok relawan yang sebelumnya mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan turut berkontribusi pada kemenangan Jokowi dalam Pemilu 2019.

Menurutnya, hal ini berdampak pada dominasi yang juga lebih besar. Faktor lainnya adalah pengaruh dari Presiden Jokowi. Prabowo secara berulang kali menyatakan niatnya untuk melanjutkan program-program Jokowi dan berperan sebagai bagian dari “tim Jokowi”.

Umam menyatakan bahwa kubu Prabowo-Gibran tidak perlu melakukan kampanye secara berlebihan, karena kubu nomor urut 1 memiliki narasi yang kontra, sementara kubu nomor urut 3 memiliki narasi yang agak bimbang.

Exit mobile version