portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Prof Adi Suryanto, Kepala LAN Meninggal Dunia dan Dimakamkan di Karawang

Prof Adi Suryanto, Kepala LAN Meninggal Dunia dan Dimakamkan di Karawang

Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Prof. Dr. Adi Suryanto, M.Si, CHRM, meninggal dunia di Jogjakarta, pada Jumat (15/12/2023). Adi Suryanto wafat pada usia 54 tahun dan akan dimakamkan Sabtu, 16 Desember 2023 di Al Azhar Memorial Garden, Karawang, Jawa Barat.

Adi Suryanto menjabat sebagai Kepala LAN sejak tahun 2015, dia dilantik pada Rabu 23 September 2015 menggantikan Prof. Dr. Agus Dwiyanto, M.PA yang memasuki masa purna tugas.

Jabatannya diperpanjang oleh Presiden Joko Widodo dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 206/TPA Tahun 2020 tentang Perpanjangan Masa Jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Lembaga Administrasi Negara.

Adi Suryanto lahir pada tanggal 8 Desember 1969, di Kebumen, Jawa Tengah. Dia telah bekerja selama 29 tahun di Lembaga Administrasi Negara dan saat ini menjabat sebagai Kepala LAN.

Pada bulan Oktober, Adi Suryanto dikukuhkan sebagai Guru Besar atau Profesor bidang Ilmu Administrasi Publik Politeknik STIA LAN Jakarta.

Gelar Doktor di bidang Ilmu Politik diperolehnya pada tahun 2008 dari Universitas Indonesia. Adapun gelar Master di bidang Administrasi dan Kebijakan Publik diraihnya pada tahun 2000 di Universitas Indonesia. Sarjana S1 di bidang Ilmu Pemerintahan ditamatkan di Universitas Diponegoro pada tahun 1993.

Karier Adi Suryanto dimulai dari jabatan terendah eselon IV, eselon III, eselon II, eselon I, dan saat ini JPT Utama. Dia juga mengikuti berbagai diklat dari Prajabatan, Diklat ADUM, Diklat SPAMA, Diklat Pim II, hingga Diklat Pim I.

Pengalaman profesional Adi Suryanto meliputi bidang pendidikan dan pelatihan aparatur, fasilitasi, kajian dan pengembangan, perkonsultansian, studi kebijakan, perencanaan pemerintahan, manajemen kinerja, dan lain-lain.