portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

PPP 2023: Honorer Merasa Sulit Tersenyum Karena Soal Kelulusan

PPP 2023: Honorer Merasa Sulit Tersenyum Karena Soal Kelulusan

Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panselnas CASN 2023 memutuskan untuk memperpanjang pengumuman kelulusan PPPK Guru 2023 hingga 22 Desember.

Jadwal pengumuman sebelumnya yang ditetapkan Panselnas CASN 2023 adalah 6 – 15 Desember 2023. Namun, hingga Jumat sore, 15 Desember 2023, banyak instansi yang belum merilis hasil seleksi, termasuk PPPK Guru 2023.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) BKN, Suharmen, menjelaskan bahwa pengumuman ditunda karena olah data belum selesai. Konfirmasi dan klarifikasi terhadap elemen data, seperti hasil seleksi manajerial dan sosiokultural, kompetensi teknis tambahan, serta afirmasi Sertifikat Pendidik (Serdik), masih perlu dilakukan.

Guru P1 yang mengikuti seleksi PPPK 2021 melalui UNBK Kemendikbudristek memiliki data yang tidak dimiliki oleh BKN. BKN mengembalikan data kepada Kemendikbudristek karena adanya masalah, termasuk penggabungan nilai manajerial dan sosio-kultural yang seharusnya dipisah. Data SKTT juga terdapat duplikasi, dan klarifikasi terhadap sertifikat pendidik (serdik) diperlukan. Meskipun tidak ada proses seleksi lagi, pengolahan hasil kelulusan terhambat karena algoritma sistem.

Suharmen menyatakan bahwa ada surat dari MenPAN-RB Azwar Anas pada 13 Desember yang menjadi dasar hukum penentuan kelulusan PPPK guru 2023.

Pada 15 Desember 2023, masih banyak instansi yang belum merilis pengumuman kelulusan PPPK 2023. Plt. Karo Humas BKN, Nanang Subandi, mencatat bahwa dari 573 instansi yang mengikuti seleksi PPPK nakes, baru 64 instansi yang mengumumkan kelulusan.

Exit mobile version