portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Mentan Amran Ingatkan Seluruh Pegawai untuk Menjauhi Tindakan Korupsi di Hakordia 2023

Mentan Amran Ingatkan Seluruh Pegawai untuk Menjauhi Tindakan Korupsi di Hakordia 2023

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman meminta seluruh jajarannya di Kementerian Pertanian (Kementan) untuk menjauhi dan memerangi tindak pidana korupsi sampai ke akar-akarnya. Memerangi korupsi dinilai penting karena saat ini Kementan tengah fokus pada capaian swasembada.

Demikian disampaikan Mentan saat menghadiri Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) sekaligus Pembinaan Mental bertema “Sinergi Berantas Korupsi, Wujudkan Swasembada Pangan yang diselenggarakan di Auditorium Utama Kantor Pusat Kementan, Jakarta Selatan, Kamis, (14/12/2023).

“Saya minta tolong jangan ada yang main-main karena saat ini masyarakat umum bisa melaporkan baik melalui aplikasi maupun tatap muka dengan saya. Yang melapor nanti akan dapat hadiah berupa bibit sampai traktor,” tegas Amran.

Untuk diketahui, Kementan baru saja meluncurkan aplikasi sarana pengaduan masyarakat Whistleblowing System (WBS) bernama Kanal Pengaduan Elektronik bagi Masyarakat atau KALDU EMAS. Kemudian ada juga aplikasi Saluran Informasi Internal Kementan atau Si INTAN dan Sistem Informasi Gratifikasi Pertanian atau SIGAP-UPG) versi 2.0.

“Dengan aplikasi tersebut, saya minta tolong jangan melakukan yang aneh-aneh karena kita harus menjaga nama baik kita dan nama baik anak cucu kita agar tidak terkena sanksi sosial,” ucap Amran.

Secara khusus, Mentan Amran meminta para pejabat eselon I untuk menjadi panutan dalam sikap antikorupsi di Kementan. Mengenai hal ini, dia mendorong Inspektorat Jenderal mengoptimalkan peran konsultasi (advisory) dan penjamin kualitas (quality assurance) terhadap kinerja sekretaris jenderal/direktur jenderal dan kepala badan.

Exit mobile version