portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Kritik Terhadap Pendapat Anies Soal IKN dan Arie Kriting Memulai Upaya Desentralisasi

Kritik Terhadap Pendapat Anies Soal IKN dan Arie Kriting Memulai Upaya Desentralisasi

Komika Arie Kriting mengkritik pendapat Anies Baswedan tentang Ibukota Negara (IKN) baru. Ia mengaku tidak setuju dengan pernyataan Anies.

Anies menyatakan bahwa pembangunan IKN tidak akan menyelesaikan masalah Jakarta. Pasalnya, Aparatur Sipil Negara (ASN) hanya menyumbang hingga 7 persen kemacetan di Jakarta. Selain itu, masalah lingkungan juga dinilainya tidak akan terselesaikan. Menurut Anies, lebih baik memperbaiki kondisi yang sudah ada.

“Aku tidak sepakat dengan Pak Anies,” kata Arie Kriting dikutip dari unggahannya di X, Kamis (14/12/2023).

Menurutnya, pembangunan IKN memiliki alasan yang bukan hanya berkaitan dengan Jakarta. Ada beberapa faktor lain yang turut dipertimbangkan.

“Pemindahan ibu kota ini bukan hanya tentang mencari solusi untuk Jakarta,” ujarnya.

Jika ibu kota dipindah, itu akan menjadi awal dari desentralisasi. Arie menekankan bahwa proses ini harus diawasi dengan baik.

“Indonesia bukan hanya seputar Jakarta. Pemindahan ibu kota bisa menjadi langkah awal desentralisasi. Tinggal kita awasi prosesnya,” ujarnya.

Pernyataan Anies tersebut diungkapkan saat debat pertama Calon Presiden (Capres) pada tanggal 12 Desember 2023. Pernyataan itu disampaikan Anies ketika ditanya pendapatnya mengenai IKN oleh Capres lainnya, Prabowo Subianto. (Arya/Fajar)

Exit mobile version