portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Jokowi Mengalokasikan Bantuan Langsung Tunai El Nino di Kota Malang

Jokowi Mengalokasikan Bantuan Langsung Tunai El Nino di Kota Malang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengalokasikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino di Kota Malang, Jawa Timur, pada Kamis, untuk mendukung daya beli masyarakat yang menghadapi kenaikan harga akibat perubahan iklim.

Dalam dialog dengan penerima manfaat, Jokowi menyampaikan bahwa perubahan iklim, khususnya gelombang panas, telah menyebabkan penurunan produksi padi dan kenaikan harga.

BLT El Nino senilai Rp400 ribu diberikan kepada penerima manfaat untuk dua bulan, dengan penyaluran bersamaan pada bulan Desember.

Saat berinteraksi dengan penerima manfaat, Presiden menanyakan penggunaan bantuan tersebut, dan mayoritas masyarakat mengaku menggunakannya untuk membeli sembako.

Peserta yang menerima BLT El Nino juga termasuk penerima bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP).

Jokowi mengumumkan bahwa pemberian bantuan pangan CBP akan berlanjut hingga Maret 2024.

Presiden memberitahu bahwa distribusi bantuan beras sebesar 10 kilogram akan dilanjutkan pada Januari, Februari, dan Maret 2024.

Ia menekankan bahwa pemerintah akan mempertimbangkan perpanjangan bantuan pangan CBP jika Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) mencukupi.

Dalam kunjungan kerjanya ke Jawa Timur, Presiden didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Pj. Wali Kota Malang Wahyu Hidayat. (ant)

Exit mobile version