portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Presiden Jokowi Mengeksplorasi Optimalisasi Penanaman Padi: Dari Kejar Tanam hingga Panen Maret

Presiden Jokowi Mengeksplorasi Optimalisasi Penanaman Padi: Dari Kejar Tanam hingga Panen Maret

Presiden, Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, melakukan percepatan tanam dan olah tanah di Desa Kaibahan, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Rabu (13/12/2023).

Mereka meminta para petani segera melakukan tanam untuk meningkatkan produksi padi nasional, mengingat sejumlah wilayah di Indonesia sudah memasuki musim hujan.

“Karena hujan sudah mulai turun di banyak Provinsi, kita ingin mendorong agar petani segera memulai menanam padi, karena El Nino agak mundur sedikit, sehingga ini segera kita kejar tanam, tanam, tanam, nah ini kita harapkan nanti di Bulan Maret atau April kita sudah mulai panen,” ujar Presiden Jokowi setelah melakukan peninjauan dan berdialog dengan petani setempat.

Presiden juga menegaskan bahwa akses petani terhadap pupuk menjadi hal yang sangat penting untuk dipastikan pada masa tanam. Pupuk bersubsidi merupakan upaya pemerintah untuk mendukung aktivitas produksi petani di lapangan.

Pemerintah juga tengah membenahi distribusi pupuk bersubsidi agar tidak bermasalah di lapangan. Petani kini dapat menggunakan KTP sebagai syarat untuk memperoleh pupuk subsidi, yang sebelumnya menggunakan kartu tani.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, menyebut memudahkan akses petani terhadap pupuk bersubsidi merupakan dukungan nyata pemerintah terhadap aktivitas petani.