portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Judas Amir Memperoleh Penghargaan Satyalancana Wira Karya dari Presiden karena Asuransikan Nelayan Palopo

Judas Amir Memperoleh Penghargaan Satyalancana Wira Karya dari Presiden karena Asuransikan Nelayan Palopo

Pemerintah memberikan penghargaan kepada kepala daerah yang telah melakukan inovasi dalam pengelolaan wilayah lautnya dengan menyematkan gelar tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya.

Pemberian penghargaan ini berlangsung pada perayaan puncak Hari Nusantara (Harnus) di Kabupaten Kepulauan Tidore, Maluku Utara, Rabu (13/12/2023).

Total ada tujuh kepala daerah dan satu kepala dinas perikanan yang mendapatkan penghargaan, berasal dari usulan tahun 2022 dan 2023.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, selaku Ketua Pelaksana Pusat Hari Nusantara (Harnus) 2023, secara langsung melakukan penyematan gelar kepada penerima penghargaan. Kepala daerah dan kepala dinas yang mendapatkan tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya pada perayaan puncak Harnus adalah Bupati Bantaeng 2018-2023 Ilham Syah Azikin.

Selain itu, Bupati Kepulauan Selayar 2020-2024 M. Basli Ali, Wali Kota Palopo 2018-2023 M. Judas Amir, dan Kepala Dinas Perikanan Nias Utara Sabar Jaya Telaumbanua.

Penetapan mereka dilakukan melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 20/TK/Tahun 2023 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya.

Plh Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Adwil Kemendagri) Amran menyampaikan bahwa tahun ini terdapat satu kepala dinas yang mendapatkan tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya.

Judas Amir menerima penghargaan ini karena menerapkan program perlindungan bagi nelayan, seperti premi asuransi nelayan dan budidaya polikultur rumput laut dan ikan bandeng.

Exit mobile version