portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Menteri Pertanian Amran Mengubah Lahan Gambut Bekas di Kalimantan Tengah Menjadi Wilayah Pertanian Padi

Menteri Pertanian Amran Mengubah Lahan Gambut Bekas di Kalimantan Tengah Menjadi Wilayah Pertanian Padi

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan peninjauan food estate jagung yang dikelola oleh Kementerian Pertahanan di Kabupaten Gunungmas, Kalimantan Tengah pada hari Senin (11/12/2023).

Selain itu, Mentan juga akan meninjau lokasi food estate padi di Kabupaten Pulang Pisau. Food estate ini merupakan lahan gambut yang ditangani langsung oleh Kementerian Pertanian.

Menteri Amran Sulaiman beserta rombongan tiba di bandara sekitar pukul 07.30 WITA. Mereka disambut oleh sejumlah pejabat pemerintah dan TNI-Polri, termasuk Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, Wakil Gubernur Edy Pratowo, dan Sekretaris Daerah Nuryakin.

Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan, Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol Djoko Poerwanto, Wakapolda Brigjen Pol Mohammad Agung Budijono, Danrem 102 panju-panjung Brigjen TNI Bayu Permana, serta Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah M. Sunarto, SH., MH juga turut menjemput.

Kedatangan Amran Sulaiman disambut dengan adat lokal. Setelah itu, rombongan langsung menuju ruang VIP sambil menunggu kedatangan Wakil Menteri Pertahanan Letjen TNI (Purn) Henindra yang tiba 15 menit kemudian.

Setelah istirahat dan berkoordinasi, Mentan Amran, Wamenhan Henindra dan rombongan berangkat ke Kabupaten Gunungmas dan Kabupaten Pulang Pisau dengan menggunakan helikopter karena perjalanan darat membutuhkan waktu 3 jam dari bandara.

Kementerian Pertahanan memiliki lahan seluas 600-700 hektar di Kabupaten Gunungmas. Sementara Kementan telah mengonversi bekas lahan gambut di Pulang Pisau menjadi food estate padi.

Exit mobile version