portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Prakiraan Cuaca BMKG untuk Kota-Kota Besar pada Minggu, 10 Desember

Prakiraan Cuaca BMKG untuk Kota-Kota Besar pada Minggu, 10 Desember

BMKG saat ini sedang memantau adanya sirkulasi siklonik di sekitar Laut Natuna, perairan timur Kalimantan Utara, dan di sekitar Maluku bagian tenggara.

Sirkulasi siklonik ini telah membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin atau konvergensi yang memanjang di beberapa wilayah seperti Laut Natuna, Kalimantan Utara, Maluku bagian Tenggara, Jambi, Bangka Belitung, Laut Jawa, NTB, Laut Flores, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Maluku, Maluku Utara hingga Papua Barat. Selain itu, juga terdapat daerah pertemuan angin atau konfluensi di Laut Sulawesi, Laut Sulu, dan Laut China Selatan.

Keadaan alam seperti ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi maupun konfluensi hingga Minggu (10/12).

Menurut prakiraan cuaca BMKG untuk Minggu (10/12), beberapa kota di Sumatera seperti Banda Aceh, Padang, Pekanbaru, Jambi, Palembang, dan Bandar Lampung umumnya diprediksi akan mengalami hujan ringan. Bengkulu diprediksi akan berawan. Medan berpotensi mengalami hujan dengan intensitas lebat, sementara Tanjung Pinang dan Pangkal Pinang harus waspada terhadap hujan disertai petir.

Sementara itu, di wilayah Jawa, Yogyakarta umumnya akan berawan, Serang umumnya berawan tebal, Jakarta, Semarang, dan Surabaya berpotensi mengalami hujan dengan intensitas ringan. Bandung diperkirakan akan mengalami hujan dengan intensitas sedang.

Exit mobile version