portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

BPJS Kesehatan Mendeteksi Klaim Palsu Sebesar Rp866 Miliar, Ini Cara Modus Kecurangannya

BPJS Kesehatan Mendeteksi Klaim Palsu Sebesar Rp866 Miliar, Ini Cara Modus Kecurangannya

BPJS Kesehatan Temukan Kecurangan Klaim Paslu Sebesar Rp866 Miliar

Kecurangan atau fraud masih menjadi masalah serius bagi BPJS Kesehatan. BPJS telah menemukan klaim paslu sebesar Rp866 miliar.

Bentuk kecurangan dalam pengajuan klaim layanan medis BPJS Kesehatan bermacam-macam. Mulai dari modus klaim tindakan medis yang dipecah-pecah dengan kwitansi yang berbeda-beda untuk biaya kamar, tarif obat, hingga ongkos dokter.

Selain itu, kecurangan lainnya adalah pihak rumah sakit membuat diagnosis yang dibesar-besarkan. Strategi ini berhasil mendapatkan uang klaim dari BPJS Kesehatan dalam jumlah besar, karena penyakitnya masuk kategori parah. Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti, menyatakan bahwa BPJS Kesehatan berusaha untuk melakukan pencegahan.

Salah satunya adalah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan untuk membentuk tim anti kecurangan, yang tersebar di seluruh Indonesia dengan jumlah personil sebanyak 1.947 orang.
Ghufron menegaskan bahwa tim ini bertugas untuk membangun sistem agar tidak terjadi kecurangan, bukan hanya sekadar mencari korban.

Selain itu, BPJS Kesehatan juga telah memiliki aplikasi yang dapat mendeteksi kecurangan di fasilitas kesehatan. Rumah sakit seringkali tidak menyadari bahwa mereka sedang dimata-matai oleh BPJS Kesehatan.
Bahkan BPJS Kesehatan sering melakukan pengecekan apakah pasien tersebut benar-benar mendapatkan layanan kesehatan atau tidak, serta mengetahui oleh siapa pasien tersebut dilayani dan mendapatkan perawatan apa.

Exit mobile version