portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Prabowo Subianto Mengungkap Rencana Indonesia untuk Membuka Rumah Sakit Lapangan di Dekat Gaza

Prabowo Subianto Mengungkap Rencana Indonesia untuk Membuka Rumah Sakit Lapangan di Dekat Gaza

Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto, mengungkapkan bahwa Pemerintah RI memiliki rencana untuk membuka rumah sakit lapangan di daerah perbatasan antara Mesir dan Gaza, Palestina, kemungkinan di Sinai, yang berbatasan langsung dengan Rafah, Gaza.

Prabowo menjelaskan bahwa rencana tersebut masih dalam tahap perencanaan, dan dia akan melaporkannya lebih dulu kepada Presiden RI, Joko Widodo.

Ada saran dari beberapa pihak di negara itu (Mesir, red.) sekitar itu malah kalau bisa rumah sakit lapangan. Jadi, ini sedang kami bahas nanti, apakah kita (Indonesia, red.) kirim rumah sakit lapangan,” kata Menhan Prabowo menjawab pertanyaan ANTARA saat jumpa pers di Pangkalan Udara (Lanud) Atang Sendjaja, Bogor, Jawa Barat, Jumat (1/12/2023).

Menurutnya, beberapa pihak di Mesir menyarankan untuk membuka rumah sakit lapangan, dan hal ini sedang dalam pembahasan untuk memutuskan apakah Indonesia akan mengirimkan rumah sakit lapangan.

Dalam kesempatan yang sama, Prabowo membagikan hasil komunikasinya dengan Menteri Pertahanan Mesir, Jenderal Mohamed Ahmed Zaki.

Menhan Mesir meminta bantuan makanan yang mendesak, dan Prabowo akan melaporkan hal ini kepada Presiden.

Prabowo menegaskan komitmen Pemerintah Indonesia untuk terus menambah bantuan untuk rakyat Palestina di Gaza, termasuk yang mengungsi di Mesir. Dia terus berkomunikasi dengan pihak terkait untuk mencari cara nyata membantu.

Sementara itu, terkait rencana mengirim kapal RS bantu KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 ke perairan Mesir dekat Gaza, Prabowo menyebut bahwa izin dari otoritas setempat belum keluar.

Exit mobile version