portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

TNI AL Mengirim Bantuan ke Gaza dengan Prioritaskan Produk Lokal Indonesia

TNI AL Mengirim Bantuan ke Gaza dengan Prioritaskan Produk Lokal Indonesia

TNI AL Kirim Bantuan ke Gaza, Kolaborasi Dengan Swasta dan Pemerintah Daerah

TNI AL dari Komando Armada (Koarmada) II Surabaya, Jawa Timur mengirim bantuan ke Gaza menggunakan KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat -992 pada tanggal 28 November 2023. Kolaborasi TNI AL dengan pihak swasta dan pemerintah daerah menjadi bagian dari upaya penyaluran bantuan, yang secara khusus mengutamakan produk lokal Indonesia.

Panglima Koarmada (Pangkoarmada) II, Laksamana Madya TNI Yayan Sofiyan, dalam acara pelepasan Bantuan TNI AL untuk Konflik Gaza, menyampaikan bahwa pihaknya akan mengirimkan produk-produk nasional Indonesia.

“Berbagai macam kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan saudara-saudara kita seperti air minum yang siap dikonsumi, popok, mantel, selimut termasuk juga bahan makanan pokok, minuman coklat, biskuit dan sebagainya, “Semua sudah terkumpul,” ungkapnya.

Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kolonel Heri Prihartanto sekaligus Komandan Satuan Tugas Penerima Bantuan TNI AL untuk Konflik Gaza Koarmada II mengatakan bahwa pihaknya mengucapkan terima kasih kepada para pendonor, dimana TNI AL akan memberangkatkan bantuan untuk Gaza berupa produk-produk lokal Indonesia.

“Produk-produk yang akan dibawa ini telah kami seleksi sesuai dengan kebutuhan warga disana, termasuk anak-anak dan keluarga, di antaranya adalah air mineral, biskuit, minuman cokelat, dan beberapa produk lainnya. Salah satu minuman cokelat ini adalah Champion,” jelasnya.

Saat ini, kondisi jalur Gaza mengalami krisis kemanusiaan, dan yang perlu mendapatkan perhatian adalah kondisi anak-anak disana.

Data mencatat bahwa hampir 50 persen dari 2,3 juta warga Palestina yang tinggal di Jalur Gaza adalah anak-anak. Di sisi lain, korban selamat dari pemboman Israel menghadapi meningkatnya kerawanan pangan dan kekurangan air bersih, yang menyebabkan perempuan hamil dan anak-anak sangat berisiko terkena penyakit, kekurangan gizi, dan komplikasi kesehatan.

Exit mobile version