portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Luhut Pandjaitan Menghadiri Pelantikan Resmi Jenderal Maruli Simanjuntak Sebagai KSAD

Luhut Pandjaitan Menghadiri Pelantikan Resmi Jenderal Maruli Simanjuntak Sebagai KSAD

Menantu dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Letjen TNI Maruli Simanjuntak resmi dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Sebelum dilantik sebagai KSAD, Maruli Simanjuntak menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Maruli Simanjuntak menggantikan Jenderal Agus Subiyanto yang ditunjuk sebagai Panglima TNI. Pelantikan Maruli Simanjuntak sebagai KSAD itu dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, dilansir dari jpnn, Rabu, (29/11) siang.

Atas pelantikan dan amanah yang diberikan negara itu, Maruli Simanjuntak mendapat kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari Letjen TNI menjadi Jenderal TNI.

Pelantikan Maruli sebagai KSAD itu sesuai dengan surat Keputusan Presiden Nomor 103/TNI/2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

Dipandu Presiden Jokowi, Maruli mengucapkan sumpah jabatannya untuk selalu setia kepada UUD 1945 dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti kepada bangsa dan negara.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” kata Maruli.

Usai presiden Jokowi mengambil sumpah jabatan Maruli Simanjuntak sebagai KSAD, dilanjutkan penandatanganan berita acara pengangkatan sumpah jabatan.

Pelantikan KSDA ini dihadiri jajaran menteri seperti Menteri Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Polhukam Mahfud MD, Mendagri Tito Karnavian, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Exit mobile version