portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Diusut Minta Bentrok di Bitung Sulut, Ketua MUI Ingatkan Agar Tak Ada yang Pro Penjajahan

Diusut Minta Bentrok di Bitung Sulut, Ketua MUI Ingatkan Agar Tak Ada yang Pro Penjajahan

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang Ukhuwah dan Dakwah Muhammad KH Cholil Nafis, memberikan reaksi terkait adanya bentrokan yang terjadi di Bitung, Sulawesi Utara (Sulut).

Dikatakan Cholil, pemerintah dan aparat setempat seharusnya mengambil tindakan tegas terkait bentrokan tersebut.

“Ini harus diproses hukum dan ditindak seadil-adilnya. Jangan sampai di sini ada yang pro penjajahan,” ujar Cholil dalam keterangannya dalam aplikasi X @cholilnafis (27/11/2023).

Cholil menjelaskan bahwa tindakan tegas perlu dilakukan agar tidak terjadi kebingungan dan tidak ada pernyataan bahwa Indonesia mendukung Israel.

“Biar tidak ada kebingungan dan tidak ada pelanggaran konstitusi bahwa Indonesia menolak penjajahan di Palestina dan tidak ada yang mendukung Israel,” tandasnya.

Seperti diketahui, situasi di Bitung, Sulut, menjadi tegang baru-baru ini karena bentrokan antara kelompok organisasi masyarakat (Ormas) Manguni dan massa yang menyuarakan dukungan terhadap Palestina.

Peristiwa ini menunjukkan ketegangan yang masih berlanjut dalam konteks isu Israel-Palestina.

Dari informasi yang dihimpun, bentrokan terjadi karena dari masing-masing pihak melaksanakan kegiatan, salah satunya memperingati hari ulang tahun.

Kemudian yang satu lagi melakukan kegiatan yang berhubungan dengan partisipasi aksi bela terhadap Palestina.

Diduga, ada sesuatu dan lain hal yang menjadi pemicu sehingga terjadi keributan.

Bentrokan ini tidak hanya merugikan para pihak yang terlibat, tetapi juga memberikan dampak signifikan pada masyarakat umum.

Exit mobile version