portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Jimly Asshiddiqie Sarankan Presiden Jokowi Perhatikan Kasus Firli Bahuri yang Mirip dengan Kejadian di MK

Jimly Asshiddiqie Sarankan Presiden Jokowi Perhatikan Kasus Firli Bahuri yang Mirip dengan Kejadian di MK

Ketua Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) Prof. Jimly Asshiddiqie memberikan reaksi terhadap penetapan Ketua KPK Firli Bahuri sebagai tersangka.
Dalam keterangannya yang diunggah di aplikasi X @JimlyAs, Jimly menyebut kasus Firli mirip dengan apa yang sedang menimpa Mahkamah Konstitusi (MK).
Menurut Jimly, kasus Firli Bahuri di KPK sudah lama diberitakan di media massa dan disaksikan oleh masyarakat, serta menyebabkan demoralisasi persepsi umum terhadap KPK.
Jimly menegaskan bahwa Dewan Pengawas (DEWAS) KPK sebagai lembaga peradilan etika harus menggunakan perspektif yang melampaui peradilan hukum.
Jimly juga menyatakan bahwa apa yang diberitakan luas di media massa, dapat dijadikan temuan nyata untuk tidak bertindak pasif menunggu, tetapi bertindak aktif dan progressif untuk menjaga marwah, kehormatan, dan kepercayaan terhadap institusi KPK yang dipimpin oleh Ketua yang sedang menghadapi masalah etika dan hukum di ruang publik.
Firli Bahuri telah resmi ditetapkan tersangka oleh Bareskrim Polri, semua bukti resmi yang ada di Polri juga bukti resmi bagi Dewas KPK.
Jimly menyarankan DEWAS yang anggotanya tidak terlalu banyak dapat mengadakan sidang mendadak untuk memutuskan sanksi yang tepat untuk Firil Bahuri.

Exit mobile version