portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Usulan Instansi Pusat dan Daerah Selalu Terbatas, Kemenpan RB Siapkan 1,3 Juta Formasi CPNS dan PPPK 2024

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) telah menyiapkan banyak formasi CPNS dan PPPK pada tahun 2024. Menurut Plt Deputi SDM Aparatur KemenPAN-RB, Aba Subagja, pemerintah telah menyediakan alokasi sebanyak 1,3 juta formasi CPNS 2024 dan PPPK. Jumlah tersebut dihitung berdasarkan sisa formasi CASN 2023, jumlah ASN yang pensiun, dan perhitungan kebutuhan setiap instansi.

Tahun ini, alokasi yang disiapkan pemerintah sebanyak 1 juta lebih, namun hanya 568 ribu yang diusulkan oleh instansi. Aba mengungkapkan bahwa banyak fresh graduate yang kecewa karena tidak dapat mendaftar dikarenakan minimnya formasi. Fresh graduate hanya dapat melamar di formasi CPNS, karena PPPK membutuhkan pengalaman kerja.

Oleh karena itu, pemerintah akan menyiapkan kuota yang lebih besar lagi tahun depan. Selain untuk memenuhi kebutuhan ASN, ini juga untuk menyelesaikan masalah honorer atau tenaga non-ASN. Aba menyebutkan bahwa sesuai UU 20 Tahun 2023 tentang ASN, penyelesaian honorer akan dilakukan hingga 31 Desember 2024. Apakah honorer akan diarahkan menjadi PPPK penuh waktu atau paruh waktu akan dibahas dalam rakor.