portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Menteri Pertanian Amran Mendorong Penyuluh untuk Mempercepat Pencapaian Swasembada Pangan

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman telah membuka Jambore Penyuluh Pertanian Nasional Tahun 2023 yang diadakan di Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Kegiatan ini berlangsung selama empat hari, mulai dari tanggal 5 hingga 8 November 2023, dan dihadiri oleh 2.000 penyuluh pertanian dan para pemangku kepentingan pertanian dari seluruh Indonesia dengan tema “Optimalisasi Peran Penyuluh Pertanian dalam Mendukung Keberhasilan Provinsi Sulawesi Tengah sebagai Penyangga Pangan Utama IKN”.

“Maksud saya hadir di Jambore ini adalah untuk bertemu dengan para penyuluh. Jika 50.000 penyuluh di Indonesia bekerja, maka masalah pangan di masa depan akan teratasi. Dalam waktu 2 hingga 3 tahun ke depan, kita dapat mencapai swasembada pangan tanpa impor,” kata Mentan Amran saat membuka Jambore Penyuluh Pertanian tahun 2023 di Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, pada hari Senin, 6 November 2023.

Bagi Mentan Amran, para penyuluh adalah pahlawan pangan dan garda terdepan dalam mencapai swasembada pangan. Salah satu keberhasilan program pertanian, terutama swasembada beras, dapat dicapai karena peran penyuluh.

“Jadi, para penyuluh tidak boleh mengeluh. Jika mereka mengeluh, maka upaya peningkatan produksi akan gagal,” ujar Amran.

Amran menyatakan bahwa Jambore Penyuluh Pertanian ini bertujuan untuk meningkatkan semangat kerja, motivasi, serta keterampilan, wawasan, dan jiwa para penyuluh pertanian.

Dalam rangka mencapai produksi padi sebanyak 35 juta ton beras, salah satu caranya adalah dengan melakukan optimalisasi penyuluh pertanian di lapangan. Para penyuluh harus benar-benar mendekat dan menjadi pembimbing bagi petani, serta mampu mengantarkan dan mendukung kebijakan pemerintah dalam pembangunan pertanian hingga ke tingkat petani.