portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Calon Dewan Komisi Pemberantasan Korupsi, Mantan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan Liberti Sitinjak Berhasil Masuk 20 Besar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Mantan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkumham) Sulsel, Liberti Sitinjak menjadi salah satu calon Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dinyatakan lolos asesmen.

Diketahui, Liberti Sitinjak menjabat sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulsel sejak Maret 2022, menggantikan Harun Sulianto yang dimutasi sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan.

Liberti Sitinjak sebelumnya menjabat sebagai Direktur Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kemenkumham sejak Maret 2021 sebelum memimpin Kemenkumham Sulsel.

Dia juga pernah menjabat sebagai Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta dan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat sebelumnya.

Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Capin) dan Calon Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2024-2029, telah mengumumkan nama-nama yang lolos tahap asesmen.

Dari tahap asesmen tersebut, sebanyak 20 calon pimpinan KPK dan 20 calon Dewan Pengawas KPK telah lulus tes asesmen.

Ketua Pansel KPK, Muhammad Yusuf Ateh mengatakan bahwa proses tes asesmen dilaksanakan pada 28-29 Agustus 2024. Tes tersebut diikuti oleh 40 calon pimpinan KPK dan 40 calon Dewan Pengawas KPK.

“Dari jumlah tersebut, yang dinyatakan lulus sebagai calon pimpinan ada 20 orang dan dewan pengawas 20 calon,” katanya di Lobby Gedung Utama, Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, seperti dilansir jpnn, Rabu siang.

Menurut Yusuf, nama-nama peserta yang berhasil lulus akan diumumkan Rabu (11/9) pukul 14.30 WIB, melalui situs web Kementerian Sekretariat Negara dan situs web KPK. Peserta yang dinyatakan lulus diwajibkan untuk mengikuti tahap seleksi berikutnya berupa wawancara dan tes kesehatan jasmani dan rohani.