portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

36 Perwira Tinggi TNI Mengalami Mutasi, Rotasi, dan Promosi

Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono, melakukan mutasi, rotasi, dan promosi 36 perwira tinggi. Salah satu perubahan jabatan tersebut adalah untuk Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (wakasal) dan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (pangkogabwilhan) I.

Keputusan ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/1223/X/2023 yang ditandatangani oleh Laksamana Yudo di Jakarta pada tanggal 26 Oktober. Hal ini dikonfirmasi oleh Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Laksamana TNI Julius Widjojono, di Jakarta pada hari Jumat.

Dalam SK tersebut, Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma, yang sebelumnya menjabat sebagai pangkogabwilhan I, sekarang menjabat sebagai wakasal. Sementara itu, Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, yang sebelumnya menjabat wakasal, ditempatkan di Markas Besar TNI AL (Mabesal) sebagai perwira tinggi dalam rangka pensiun.

Selanjutnya, posisi pangkogabwilhan I diisi oleh Laksamana Madya TNI Agus Hariadi, yang sebelumnya menjabat sebagai staf khusus kepala Staf TNI AL.

Dari jajaran TNI Angkatan Darat (AD), terdapat perubahan jabatan strategis. Salah satunya adalah Kepala Pusat Kesehatan (kapuskes) TNI, yang saat ini diisi oleh Brigjen TNI dr. Yenny Purnama. Posisi Yenny sebelumnya sebagai Direktur Umum RSPAD Gatot Soebroto kini diisi oleh Kolonel Ckm dr. Jursal Harun.

Selain itu, Mayjen TNI dr. Guntoro, yang sebelumnya menjabat sebagai kapuskes TNI, ditempatkan di Mabes TNI AD (Mabesad) sebagai perwira tinggi dalam rangka pensiun.

Dalam SK yang sama, Brigjen TNI Moh. Naudi Nurdika mendapatkan promosi jabatan sebagai Komandan Pusat Kesenjataan Artileri Medan (danpussenarmed) TNI AD menggantikan Mayjen TNI Yudhy Chandra Jaya yang kembali ke Mabesad dalam rangka pensiun.