portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Putri SYL membantah meminta duit Rp200 juta untuk terapi stem cell, dan siap untuk di konfrontir dengan saksi lain.

Putri SYL membantah meminta duit Rp200 juta untuk terapi stem cell, dan siap untuk di konfrontir dengan saksi lain.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Indira Chunda Thita membantah telah meminta uang kepada pegawai Kementerian Pertanian (Kementan) untuk membiayai kepentingan pribadinya.

Putri mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) tersebut menyampaikan bantahannya saat bersaksi dalam persidangan kasus dugaan pemerasan dan penerimaan gratifikasi yang menjerat SYL di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (5/6/2024).

“Kami butuh ketegasan dari saudara saksi saja supaya menjadi jelas. Saudara saksi yakin bahwa saudara saksi tidak pernah, kecuali yang saudara akui itu, tidak pernah meminta sejumlah uang kepada pihak-pihak yang tadi telah menyebutkan nama saudara itu?” tanya penasihat hukum SYL, Djamaludin Koedoeboen dalam persidangan.

“Tidak pernah,” jawab Thita.

Thita mengaku tidak takut jika dirinya kembali dihadirkan untuk dikonfrontasi dengan saksi-saksi lain dalam persidangan, khususnya soal permintaan uang tersebut.

“Saudara berani jika mereka dihadirkan untuk dihadapkan?” tanya Koedoeboen.

“Siap,” tegas Thita.

Salah satu saksi yang menyebut adanya permintaan dari Thita adalah Sesditjen Tanaman Pangan Kementan, Bambang Pamuji. Dalam persidangan, disebutkan bahwa ada permintaan dari Indira Chunda Thita untuk pembayaran terapi stem cell senilai Rp 200 juta.

Dalam kasus ini, Syahrul Yasin Limpo didakwa melakukan pemerasan dan menerima gratifikasi. Adapun pemerasan yang diduga diterima Syahrul Yasin Limpo sebesar Rp 44.546.079.044 atau Rp 44,54 miliar.

Serta menerima gratifikasi sebesar Rp 40.647.444.494 atau Rp 40,64 miliar, sepanjang Januari 2020 sampai dengan Oktober 2023.