portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Sidang Korupsi SYL, Saksi Surya Paloh Mengakui Dana Garnita NasDem Berasal dari Dana Kementan

Sidang Korupsi SYL, Saksi Surya Paloh Mengakui Dana Garnita NasDem Berasal dari Dana Kementan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Sidang pemeriksaan saksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta pada hari Rabu yang lalu mengungkap pernyataan mengejutkan dari Joice Triatman, mantan Staf Khusus Menteri Pertanian (Mentan) periode 2019-2023, Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Menurut Joice, Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem), Surya Paloh, mengetahui bahwa kegiatan Garda Wanita Malahayati (Garnita) NasDem didanai oleh Kementerian Pertanian (Kementan).

Joice menjelaskan bahwa ia secara rutin melaporkan berbagai kegiatan Garnita NasDem kepada Paloh, yang selalu merespons dengan dukungan positif.

Kegiatan yang dilaporkan termasuk pembagian sembako, hewan kurban, dan lainnya, yang semuanya mendapat bantuan dana dari Kementan.

“Saya melaporkan biasanya dalam beberapa bulan terakhir ada kegiatan a, b, c, termasuk pembagian sembako, hingga hewan kurban, itu semua bantuan yang berasal dari Kementan lalu direspons Pak Surya Paloh dengan kalimat, baik, bagus, lanjutkan,” ucap Joice dalam sidang pemeriksaan saksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Rabu, dikutip dari ANTARA.

Meskipun laporan kegiatan tersebut tidak dilakukan dalam forum resmi, Joice menegaskan bahwa hal itu dilakukan secara langsung saat bertemu di Partai NasDem.

Ia juga menyatakan bahwa pelaporan kegiatan dilakukan bersama beberapa orang lainnya, meskipun namanya tidak disebutkan.

Kasus ini melibatkan SYL yang didakwa melakukan pemerasan dan menerima gratifikasi dengan total Rp44,5 miliar, bersama dengan Sekretaris Jenderal Kementan periode 2021–2023, Kasdi Subagyono, serta Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan Tahun 2023.