portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

KemenpanRB Siapkan 100 Ribu Formasi ke IKN di CASN 2024, Fresh Graduate Wajib Siap-siap

KemenpanRB Siapkan 100 Ribu Formasi ke IKN di CASN 2024, Fresh Graduate Wajib Siap-siap

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah menyiapkan 100.000 formasi khusus fresh graduate untuk Ibu Kota Nusantara (IKN). Menteri Menpan RB Abdullah Azwar Anas mengungkapkan hal ini.

“Kami telah menyiapkan formasi khusus, atas arahan Presiden, fresh graduate untuk IKN, sekitar 100.000 formasi telah disiapkan untuk talenta multitasking yang akan menuju ke IKN. Mereka akan dikontrak untuk IKN, entah tahun ini atau tahun depan,” kata Azwar Anas di Denpasar, Bali, pada Selasa, 21 Mei 2024.

Menurutnya, pemerintah telah menyiapkan beberapa skenario berdasarkan eselon 1, eselon 2, dan eselon 3, bukan hanya berdasarkan kementeriannya.

“Pemerintah telah membuat beberapa skenario untuk ASN ke IKN, ada skenario 14 ribu ASN, skenario 11 ribu ASN, skenario 6 ribu ASN, dan terakhir skenario 3.216 ASN, yang akan disesuaikan dengan hunian di IKN,” ujarnya.

Dalam arahan Presiden Joko Widodo, pemindahan ASN ke IKN kemungkinan dilakukan setelah upacara HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024.

“Kemungkinan pemindahan ASN ke IKN dilakukan setelah upacara HUT Kemerdekaan RI. Jadi, pada 17 Agustus akan ada upacara, tinggal menunggu skenario apakah seluruhnya atau hibrida, namun yang pasti rencana pemindahan ASN ke IKN tidak akan dilakukan sebelum Agustus,” tambahnya.

Pemindahan ASN ke Ibu Kota Nusantara akan dilakukan secara bertahap mulai tahun 2024 hingga 2029 melalui tiga prioritas.