portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Jika Pansel KPK Bekerja dengan Serius, Gigin Praginanto Mengatakan Akan Memburuknya Kinerja Pemerintahan Prabowo-Gibran

Jika Pansel KPK Bekerja dengan Serius, Gigin Praginanto Mengatakan Akan Memburuknya Kinerja Pemerintahan Prabowo-Gibran

Panitia Seleksi (Pansel) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat ini sedang dalam tahap perencanaan. Proses perencanaannya saat ini menjadi perhatian publik.

Pansel ini dianggap penting karena berkaitan dengan pemilihan pimpinan KPK yang akan datang. Namun di sisi lain, hal ini juga dapat berdampak pada pemerintahan selanjutnya.

Gigin Praginanto, seorang Pengamat Kebijakan Publik, mengatakan bahwa Pansel akan menghasilkan pimpinan yang berintegritas jika prosesnya dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Menurutnya, jika hal itu terjadi, maka hal tersebut dapat berdampak buruk pada pemerintahan, baik saat ini maupun di masa mendatang.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Indikator Politik, Burhanuddin Muhtadi, mengungkapkan bahwa pemerintahan Prabowo dapat terpengaruh jika proses Pansel tidak dilakukan dengan baik. Hal ini disampaikan dalam diskusi mengenai Pembentukan Pansel KPK Periode 2024-2029.

Alasannya adalah karena Jokowi dikenal sebagai pemerintahan yang melemahkan KPK, yang dapat berdampak pada kepercayaan publik.