portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Jokowi bersabda akan memberikan Bantuan Langsung Tunai sebesar Rp400 ribu kepada masyarakat sebagai respons terhadap Dampak El Nino

Pemerintah akan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat di Indonesia yang terdampak oleh fenomena El Nino sebesar Rp400 ribu. Hal ini diumumkan oleh Joko Widodo (Jokowi) di Padang pada tanggal 25 Oktober 2023.

Jokowi menjelaskan bahwa karena ada fenomena super El Nino, pemerintah tidak ingin daya beli masyarakat terpengaruh, oleh karena itu mereka akan memberikan BLT El Nino. Pemberian bantuan ini dilakukan dalam rangka kunjungan kerja Jokowi ke Sumatera Barat untuk menyerahkan bantuan pangan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di Kota Padang.

BLT El Nino ini akan diserahkan langsung kepada masyarakat pada bulan November dan Desember 2023 dengan total nilai Rp400 ribu. Bantuan ini akan dicairkan dua tahap, yaitu sebesar Rp200 ribu pada bulan November dan Rp200 ribu pada bulan Desember.

Selama kunjungan kerja ke Sumatera Barat, Jokowi juga mengecek persediaan beras di gudang Bulog Kota Padang. Dia memastikan bahwa persediaan beras di gudang tersebut mencukupi untuk kebutuhan masyarakat di Ranah Minang. Meskipun ada surplus beras, Jokowi menekankan pentingnya tetap menyiapkan cadangan beras di setiap gudang Bulog sebagai langkah antisipasi terhadap dampak buruk dari musim kemarau yang panjang.