portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Puan Suggests Amran Sulaiman as Minister of Agriculture, Conveying This Message

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Andi Amran Sulaiman baru saj dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Pertanian. Ketua DPR RI Puan Maharani pun memberikan pesan kepada Andi Amran Sulaiman agar mengoptimalkan program-program kedaulatan pangan untuk menciptakan kemandirian pangan.

Menurut Puan, kedaulatan pangan sangat penting agar Indonesia tidak lagi bergantung pada produk impor yang dapat dipengaruhi oleh kondisi perekonomian dunia.

“Kedaulatan pangan sangat penting agar Indonesia tidak lagi bergantung pada produk impor yang dapat dipengaruhi oleh kondisi perekonomian dunia. Jadi, tugas utama Menteri Pertanian adalah mengoptimalkan program kedaulatan pangan,” kata Puan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Ketua DPR RI ini juga menilai bahwa salah satu tugas Menteri Pertanian yang baru adalah menjaga ketahanan pangan di tengah ancaman krisis pangan global.

Untuk itu, Puan menyampaikan pentingnya peningkatan produktivitas pertanian untuk menjaga stabilitas harga pangan di pasaran.

“Saat ini kita tahu bahwa harga kedelai sedang naik, yang berdampak pada kenaikan harga tahu dan tempe. Jadi prioritas utama adalah menjaga ketahanan pangan dalam negeri dengan meningkatkan produksi komoditas pertanian,” ujarnya.

Selain itu, dia juga menyebut bahwa Indonesia saat ini merasakan dampak pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang menyebabkan kenaikan harga komoditas pangan.

Dia juga berharap setiap kebijakan yang diterapkan oleh Pemerintah dapat mendukung kemajuan dan meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia.