portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Yudi Harahap Minta Pimpinan KPK Menyertakan Firli Bahuri dalam Pemeriksaan Kasus Dugaan Pemerasan di Kementan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Yudi Purnomo, mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), mengatakan bahwa pimpinan lembaga tersebut harus kooperatif untuk menghadirkan Ketua KPK, Firli Bahuri, dalam pemeriksaan di Polda Metro Jaya sebagai saksi dalam kasus dugaan pemerasan di Kementerian Pertanian.

Yudi menyatakan, “Pimpinan KPK bukan hanya menyampaikan ketidakhadiran Firli kemarin, Jumat (20/10), tetapi juga harus kooperatif menghadirkan Firli Bahuri ke Polda Metro Jaya, Selasa (24/10), besok, agar jangan mangkir lagi.”

Menurut Yudi, pimpinan KPK memiliki tanggung jawab untuk membawa dan memastikan Firli Bahuri hadir memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya dan diperiksa sebagai saksi dalam dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK terkait dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

Absennya Firli Bahuri pada panggilan pertama dianggap sebagai insiden memalukan bagi lembaga antirasuah tersebut. “Insiden mangkirnya Ketua KPK Firli Bahuri pada Jumat lalu sangat memalukan marwah KPK sebagai lembaga penegak hukum, yang seharusnya patuh hukum,” tegasnya.

Yudi juga menegaskan bahwa yang menyampaikan alasan ketidakhadiran Firli Bahuri memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya adalah pimpinan KPK. Oleh karena itu, pimpinan tersebut harus kooperatif menghadirkan Firli di Polda Metro Jaya pada pemeriksaan hari Selasa.

“Kalau pimpinan KPK ingin datang juga untuk menemani sebagai solidaritas, ya, silakan saja; tapi Firli harus datang, itu wajib,” tegas Yudi.

Yudi juga mengingatkan tentang pengaruh antikorupsi di media sosial, bahwa pemanggilan kedua Firli sebagai saksi telah disampaikan oleh Polda Metro Jaya, baik melalui surat panggilan maupun diumumkan kepada publik.