portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Kapolri Singgung Konflik Israel-Palestina dalam Kuliah Kebangsaan di Unhas

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo telah menjadi narasumber di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Kota Makassar pada Jumat (20/10/2023).

Jenderal polisi dengan pangkat bintang empat tersebut menyampaikan Kuliah Kebangsaan yang berjudul ‘Polri – Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan (Presisi) dalam Menjamin Stabilitas Sosial dan Penegakan Hukum Menuju Indonesia Emas 2045’.

Listyo Sigit hadir di Unhas Makassar bersama Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Fadil Imran, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso, Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Totok Imam Santoso, dan beberapa pejabat utama Polda Sulsel dan Kapolres.

Kedatangan Jenderal Listyo Sigit dan rombongan langsung disambut oleh Rektor Unhas Makassar, Prof Jamaluddin Jompa, civitas akademika, dan ratusan mahasiswa Unhas Makassar.

Di hadapan ratusan mahasiswa Unhas Makassar, Listyo Sigit memaparkan sejumlah tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini. Termasuk di antaranya adalah tantangan global antara persaingan dagang Amerika dan China, serta konflik Rusia dan Ukraina.

Tantangan-tantangan tersebut dikatakan menyebabkan masalah krisis pangan dan krisis energi yang kemudian berujung pada krisis sosial. Dampaknya saat ini dirasakan oleh beberapa negara.

“Krisis pangan dan krisis energi sering kali mengarah pada krisis ekonomi yang membuat beberapa negara menjadi pasien IMF. Menurut saya, masalah ini hingga saat ini belum terselesaikan,” ujar Listyo Sigit.