portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate

Hasta Brata – prabowo2024.net

Prabowo Subianto mencatat bahwa eyangnya, M. Margono Djojohadikusumo, merupakan seorang penggemar wayang. Karena ayahnya sibuk, Prabowo sering menghabiskan waktu bersama eyangnya saat kecil. Pengalaman ini membawa Prabowo belajar banyak hal tentang pewayangan. Salah satu pelajaran yang diingatnya hingga sekarang adalah mengenai kepemimpinan dari lakon wahyu makutha rama.

Dalam cerita wahyu makutha rama, terdapat ilmu kepemimpinan yang dikenal luas sebagai hasta brata, yang dua orang titisan Bathara Wisnu yaitu Raja Ayodya dan Raja Dwarawati berhasil menjadi raja besar berkat ilmu tersebut. Sri Bathara Kresna kemudian menurunkan ilmu ini kepada Arjuna. Dengan hasta brata ini, Arjuna mampu memperbaiki kepemimpinan Dasa Muka yang dikenal arogan dan penuh amarah.

Hasta brata artinya delapan perilaku atau delapan watak yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, berdasarkan hukum-hukum alam. Delapan ajaran tersebut adalah: Pindo Jaladri, Pindo Candra, Pindo Kartika, Pindo Surya, Pindo Arga, Pindo Dahana, Pindo Bayu, dan Pindo Bahana.

Pertama, seorang pemimpin harus seperti samudera, luas tak bertepi, dan siap menampung apa saja dari segala penjuru serta membersihkan segala kotoran yang dibuang ke dalamnya. Kedua, seorang pemimpin harus seperti bulan, terang, sejuk, serta menyejukkan bagi rakyatnya. Ketiga, seorang pemimpin harus bisa menjadi seperti bintang, memancarkan sinar terang, serta menjadi teladan bagi rakyatnya. Keempat, seorang pemimpin harus memberi petunjuk dan solusi atas masalah yang dihadapi rakyatnya. Kelima, seorang pemimpin harus kokoh dan teguh seperti gunung. Keenam, seorang pemimpin harus berprinsip seperti api, mampu menghangatkan hati rakyatnya dan membakar semangat untuk berbuat kebaikan. Ketujuh, seorang pemimpin harus seperti angin, hadir di mana saja dan mampu memahami serta menyerap aspirasi rakyat. Dan yang terakhir, seorang pemimpin harus memiliki prinsip seperti bumi, selalu siap dan mampu memberikan bantuan kepada siapa pun tanpa pilih kasih.

Sumber: https://prabowosubianto.com/hasta-brata/

Source link