portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

SPBE Membantu Mempercepat Penyediaan Pelayanan Publik

SPBE Membantu Mempercepat Penyediaan Pelayanan Publik

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) adalah faktor penting dalam sistem informasi yang mendukung operasional pemerintahan sehari-hari. SPBE hadir sebagai solusi untuk mempercepat dan mempermudah pelaksanaan serta pelayanan publik bagi masyarakat di Indonesia, mengatasi berbagai tantangan seperti minimnya sumber daya manusia, infrastruktur, dan kondisi geografis di beberapa daerah di Indonesia.

Pemerintah membangun Pusat Data Nasional (PDN) sebagai pondasi dari SPBE, yang melibatkan pemerintah pusat dan daerah untuk percepatan implementasi SPBE. Plt. Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan, Aris Kurniawan menyatakan bahwa perkembangan SPBE di Indonesia cukup baik, meskipun masih ada banyak tantangan yang perlu diperbaiki. Sebagai contoh, sudah terbentuknya Tim Koordinasi SPBE Nasional yang dikoordinir oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Tantangan terbesar untuk menerapkan SPBE di seluruh wilayah Indonesia adalah sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur. Aris Kurniawan menyebutkan bahwa birokrasi pemerintahan masih mengalami kendala dalam hal SDM dan infrastruktur. Untuk mendapatkan kualitas SDM yang baik, gaji atau honor yang ditawarkan masih kurang menarik, sehingga hal ini menjadi tantangan dalam menerapkan SPBE. Demikian disampaikan oleh Aris Kurniawan dalam Talkshow Integrasi SPBE Pilar Transformasi Digital Indonesia: Harmonisasi Menuju Indonesia Maju yang diselenggarakan oleh Sisiplus by Katadata Indonesia dan Kemkominfo di Jakarta, Selasa (5/12/2023).