portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Habib Bahar bin Smith Mencurahkan Keluhannya Tentang Penyerangan Massa Pro Palestina di Bitung dan Menyerukan Pembubaran Ormas Manguni

Habib Bahar bin Smith Mencurahkan Keluhannya Tentang Penyerangan Massa Pro Palestina di Bitung dan Menyerukan Pembubaran Ormas Manguni

Aksi solidaritas untuk mendukung Palestina di Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) telah berakhir dengan kerusuhan dan menuai banyak kecaman.

Sebelumnya, massa aksi terlibat dalam bentrokan dengan salah satu organisasi kemasyarakatan (ormas) Manguni.

Video-video bentrokan tersebut telah menjadi viral di media sosial dan banyak yang membahasnya saat ini.

Banyak narasi yang beredar dan menyebutkan bahwa terjadi bentrokan antara massa pendukung Palestina dengan massa pendukung Israel.

Habib Bahar Bin Smith akhirnya angkat suara terkait kerusuhan yang terjadi di Kota Bitung, Sulawesi Utara pada tanggal 25 November yang lalu.

Pada sebuah video yang diunggah oleh akun X atau twitter @MDH_ _SNA, Habib Bahar meminta agar semua pihak dapat menjaga persatuan dan perdamaian di Kota Bitung.

“Saya Habib Bahar Bin Smith menghimbau, menyatakan, dan menyerukan kepada seluruh umat beragama yang berada di Sulawesi Utara, khususnya Kota Bitung agar kita sama-sama menjaga persatuan dan perdamaian. Baik itu umat Islam maupun umat Kristen,” ucap Habib Bahar Bin Smith dalam unggahan video tersebut pada Selasa (28/11/2023).

Ia juga menyampaikan bahwa kondisi di Bitung saat ini telah damai. Namun, ia tetap mengimbau kepada pihak kepolisian agar tetap siaga dan waspada serta menangkap pelaku provokasi dalam kerusuhan tersebut.

“Alhamdulillah kemarin di Bitung telah damai. Namun saya menghimbau umat Islam tetap siaga dan waspada. Saya juga mengajak kepolisian, Polda Sulut, agar tetap netral dan tidak memihak kepada salah satu pihak. Tangkaplah pelaku provokasi dalam kerusuhan ini,” ungkapnya.